Saturday, May 2, 2009

Siang itu di 21-H

Siang ini cuaca Madura super panas. Derajatnya mungkin sekitar 35 derajat. Peluh basah membekas dalam baju, muka sudah kucel apalagi American studiesnya yang nggak ku mengerti sama sekali.

Memasuki halaman 21-H seperti biasa aku hatur salam. Sepi, korden kamar depan tertutup, nggak seperti biasa. Pintu depan terbuka, televisi menyala tanpa penonton. Kulangkahkan kakiku, tujuan : kamar ku tercinta. Biar sempit, I really love my room.

Kamarku kecil, seukuran 2x3 meter dengan model ranjang tidur bersusun. Karena postur badanku yang kurus, aku memilih menmpati posisi atas. Really, that is great choise. Jamal, teman sekamarku entah kemana, yang aku tau ia sibuk dengan skripsinya. Kalu bias aku menebak, mungkin ia sekarang lagi diomelin dosen kiler berjanggut tebal bermata nerah lengkap dengan taring siap menerkam, ih…. Itu dosen apa drakula yah? Serem amet.

Tumben nih kos sepi, pikirku. Kunyalakam radio, Titu “jangan lebay” menemani istirahatku. Sobekan kertas yang ada diatas laci pun jadi sangat berfungsi demi mengumpulkan angin sepoi penyejuk jiwa yang haus akan cinta dan kasih saying. Pas juga dengan lagunya “plis dah jangan lebay..” kurebahkan tubuhku diranjang bawah, uh… betapa nikmatnya.

Brukkk… pintu kamar terbuka. Salah satu kebiasaan yang sebanernya paling aku nggak suka, masuk tanpa pamit, pergi tanpa izin dan lain-lain. Coba deh bayangkan, tiba-tiba ada orang masuk ke kamarmu tatkala kamu lagi nyerfis diri kamu sendiri, bukannya kalang kabut yang ada kamunya bakal malu! Iya kalo yang masuk tuh cewek, nah kalo cowok?? Masak cowok makan cowok?? Pan emang lagi musim cowok makan cowok????? Hehehe…

Nih orang udah buka pintu gak izin eh dianya malah berdiri sambil nyengir kuda gitu ditengah pintu. Pengannya nih yah, gue jedotin tuh bibirnya yang nyengir biar nggak nyengir-nyengir kuda lagi. Nggak tau orang lagi kepanasan bin gerah minta ampun.

“baru dateng Rip.” Tukasnya.

Aduh aduh aduh nih cowok, atasan cumin pake oblong putih, bawahan pake sarung amit-amit deh kalo ternyata ia juga nggak pake CD, ntar pada terbang ke diruku gimana nih.. ya allah lindungilah hambamu. Aku wake up tubuhku, menyandar didaun ranjang.

“kok sepi ya Riq,” sekedar basa-basi kalo istilah gitunya pemanasan dulu. Eh dia malah nyengar-nyengir gitu dihadapan muka ku yang kucel kena keringat. Kenapa yah nih anak, jadi grogi aku.

“aku bawa cewek Rip.” Aku sedikit belingsatan, what?? Can you repeat once again guys? Cewek??? Ya tuhan…. Ternyata anggapanku salah, thanks god… demi nama cinta dan ketulusan, aku masih cinta dia meski hati ini hancur karena aku mencintai tanpa pernah memiliki. Itu sakit kawan!!

Nah loh, sekarang giliran aku yang nyengir kuda, entah kenapa syndrome nyengir kuda cepat kilat menular kepada diriku yang sebenarnya jauh dari dosa. “waduh…. Riq Riq, urusanmu dah, aku nggak mau ikut campur deh, tapi…. Kalo kamu yakin mau ngikutin aku untuk ikut campur, why not darling….” Siapa juga yang nggak mau kalo emang dia mengajakku gabung dalam suatu komunitas dalam kamar jadi satu, komunitas Trisem tepatnya. Makanya korden depat tertutup, rupanya sedang terjadi perang. Subbahanallah, jauhkanlah pikiran jelek dari diriku ya tuhanku….

Ternyata ada satu lagi mahluk 21-H yang penasaran juga ingin gabung. Lutfi tiba-tiba muncul di balik pintu. “kamu gimanain anak orang Riq?” pertanyaan yang sedikit tapi berbobot, menurutku.

Toriq nyengir kuda, “apa kamu lut, sudahlah jangan mikir macem-macem, aku Cuma ngobrol-ngobrol aja di dalam, sumpah yo..” nyengir lagi..

Wuih… nih anak, pake acara sumpah-sumpahan segala. Aku percaya kok Riq, tenang aja asal kamu tak menyakiti daku, rahasiamu aman padaku. Hehehe…. Sebelum akhirnya Toriq kembali beranjak menuju peraduannya aku hanya bias berucap, “jaga diri boy.”

Lutfi mengulur senyum, dari cara senyumnya kentara jika sedikit menyindir atau apalah namanya. Lalu kedua tangannya sedikit diangkat, dibentuknya jari-jari tangannya metal and the last is pose ala model Elek Men yang menampilkan kemolekan tubuhnya. Hmmpppff… cuapek deh..

“Rip Rip Rip, gimana???” yah, satu dua tiga…. Inilah bintang muda Elek Men dari Madura….

“Aduh Lut…. Keren banget…” tiba-tiba bibirku terangkat sebelah, capek deh…. “kenapa kamu nggak ikutan tuh sono ke tempatnya toriq.” Meledek sih, tapi kalo emang beneran, bisa gawat 21-H.

“kamu kenapa Rip? Kamu iri?” cetusnya.

Aduh tuhan, sadarkan temenku ini…. Teman yang sebenarnya buaik hati dan tidak sombong, teman yang cerdas secerdas cerdasnya, teman yang gokil segokil gokilnya, teman yang seneng sekali narsis tapi nggak tau waktu dan tempat untuk narsis, teman yang kadang ngeselin, mengecewakan, keren indah menggugah yang katanya persis sama ceritera lelaki terindah. Oh migod… bukan fitnahkah tentang apa yang aku sebutkan tadi????

“enggak, siapa yang iri..” sumpah aku nggak iri, sama sekali. Nggak munak se, tapi emang begitulah kenyataannya. Aku masih menunggu kok Lut, tenang sajalah dikau."

“makanya bawa juga cewek kesini, biar nggak ada iri-irian, jadi impas kan.” Gubrak.. what did you say guys???? You said about girl, Have you got a girl??? Aduh mati aku. Emang aku nggak punya cewek disini, bukannya aku nggak mau sama cewek, tapi…. Emang bener seh,, hahaha…. No!!!!!…. itu fitnah, just fitnah!!!! Cewekku di lumajang, asli lumajang, wong jowo asli. Pemain bal-balan hehehe… gubrak…. Maksudku dia punya adik pemain bola. Namanya Lulu, Lulunamaya.

“kamu kenapa yang bawa cewek mu ke sini, kalau aku sih nggak mau bawa cewekku kesini ngapain??” hah! Rifki punya cewek? Nggak salah ki?? Biar tuhan yang tau!

“aku jelek Rip, mana ada yang mau sama aku.” Singkat padat dan jelas. Mewakili seluruh karakteristik dirinyakah? Aduh Lut…. Hari gini! Apa kata dunia!!

“kamu mestinya bersyukur cong, Alhamdulillah kamu diberi nafas, rejeki hidup sampe sekarang, gitu kamu masih menghina apa yang telah dia ciptakan terhadap dirimu. Jodoh, mati dan rezeki itu ada ditangan NYA, so, tenang aja, masih banyak kok bule-bule yang mau sama kamu, kalau ada….” What? Religius banget yah ngomongku, udah kayak ustad jefry albukhori aja. Tapi nggak papa, belajar, siapa tau ntar pas ke Belanda bias jadi ustad kondang, pengajian bareng ratu Juliana juga sekali-kali mengingatkan Teman sendiri apa salahnya, toh kita juga hidup satu atap di 21-H. kita berteman untuk saling mengisi dan mengingatkan, ojok karepe dewe!

Lutfi menarik nafasnya, membuka lemariku lalu mengamati sejenak keadaan didalamnya. Sebenarnya butuh kepercayaan lebih kepada siapa yang berani membuka lemariku, dan aku sudah menaruh keprcayaan, ratusan bahkan lebih… asal jangan melakukan yang ngak-ngak sama harta bendaku terutama. MEMBACA DIARY ku tanpa izin.

“gimana Rip, jadi semester depan?” Lutfi membolak-balik salah-satu novelku dan memasukkannya kembali kedalam lemari. “masak kamu nggak mau keliling Eropa?”

Apa kamu bilang? Eropa??? aduh, sumpah demi cita-citaku, kalau udah ngomongin tentang Eropa, masalahnya bisa panjang. Apalagi tentang Belanda, wuih…. Mau minta cerita yang bagaimanapun monggo, kulo turuti. “ya harus jadi dong…. Yang penting kita usaha dulu, ikhtiar minta kepada allah. benar nggak cong!”

“kita hanya butuh satu keajaiban!” kata-kata mujarab yang keluar dari bibirnya Keajaiban, Dari kemarin kesimpulannya adalah Keajaiban, Keajaiban dan Keajaiaban!

“yah, kita tunggu saja apa dan siapa kejaiban itu.”

Aku setuju Sob, kita memang kudu berusaha, nggak boleh menyerah. Tenang saja, kita pasti berangkat!! Asal ada niat dan usaha. Amsterdam masih menunggu Kita.


“Cerita ini fiktif, sedikit ada benarnya, so anda boleh mengira-ngira, percaya atau tidak percaya, semuanya terserah anda”

0 comments: