Tuesday, April 28, 2009

Ikon Negeri Belanda

Image Hosted by ImageShack.usKincir angin dan bunga tulip. Keduanya adalah Ikon Negeri Belanda. Secara umum ketika seseorang mengatakan kincir angin, bayangan pertama pasti Belanda, hal ini adalah wajar. Begitu juga tentang tulip, meskipun tulip sendiri bukan asli berasal dari Belanda melainkan bunga liar yang tumbuh di kawasan asia tengah, Turki tepatnya.

Keduanya selalu digunakan untuk mempromosikan Belanda, baik dalam dunia pariwisata, pendidikan dan lain sebagainya. Seperti logo terbaru Study In Holland dan Kompetiblog. Keduanya menampilkan abstrak kincir dan tulip berlatar warna oranje (oranye) yang juga termasuk warna khas Negeri Belanda, Oranje.

Semuanya serba Oranje tatkala warga Belanda memperingati Hari Ratu (Koninginnedag) yang sudah dirayakan semenjak 30 April 1949, yaitu hari ulang tahun mantan Ratu Juliana. Orang-orang akan berpesta dan Belanda akan berubah menjadi oranje. Bukan hanya itu, warna cerah ini juga selalu menyemarakkan ketika kejuaraan dunia sepak bola diadakan, semuanya oranje.


Lalu, adakah selain Kincir, Tulip dan Oranje?


Ada, salah satu diantara yang banyak, saya mengambil pendidikan. Kenapa pendidikan? Pendidikan di Belanda sekarang memiliki orientasi internasional. Lebih dari 1.391 program berbahasa inggris ditawarkan oleh universitas-universitas Belanda. (www.studyin.nl)


Belanda adalah sebuah negeri kecil dalam dunia yang besar. Dapat diasumsikan, warga belanda tak menginginkan dirinya yang berada di negeri yang kecil harus selamanya menjadi kecil, mereka harus bisa memperluas wawasan dan ilmu pengetahuan dalam negerinya yang kecil, seperti pepatah mengetakan “kecil-kecil cabe rawit”


Pengembangan Riset dan pemanfaatan teknologi terkini menjadikan reputasi pendidikan tinggi di Belanda diakui di dunia. Didukung dengan sistem pengajaran berbeda dan lebih menghargai kebebasan berpendapat serta lingkungan masyarakatnya yang beragam dan pluralistik. Hal ini berarti, setiap orang yang memiliki kesempatan belajar di Belanda, dapat mengembangkan cara berpikir mereka dengan lebih terbuka dan meningkatkan kemampuan berorientasi mereka, dalam dunia internasional.


Jadi, cocok sekali jika logo terbaru Study in Holland mencakup ke empat ikon tersebut diatas, tulip, kincir, topi toga, buku, tabung dan lampu berlatar warna oranje cerah kebanggaan masyarakat Belanda.

0 comments: