Sunday, March 6, 2011

Jika Aku Gay, Hinakah ?


Taukah anda, Tanggal 19 Juli 2005 merupakan ” hari kelabu ” yang banyak diperbicangkan dunia internasional, dan terlebih lagi bagi kelompok ” holebi ” ( homo, lesbi dan biseksual ). Kenapa ? Karena pada tanggal tersebut, Asgari dan Marhoni harus menghabiskan nyawanya ditiang gantungan, di monumen kemerdekaan negara Iran, dengan disaksikan ratusan masyarakat.

Berita ini sungguh menjadi berita kontroversial, sehingga mengundang berbagai organisasi kemanusiaan dan ikatan kaum holebi internasional untuk menyelidiki latar belakang yang sebenarnya. Karena menurut pemerintah Iran, eksekusi tersebut dijatuhkan, karena dua pria belia tersebut terbukti melakukan penculikan dan pemerkosaan terhadap seorang anak laki – laki yang berusia 13 tahun.

Alasan ini ternyata berbeda dengan hasil penyelidikan yang dilakukan oleh organisasi holebi internasional perwakilan negeri Belanda. Menurut organisasi ini, dua pria tersebut “ digantung ” karena diketahui homoseksual, dan keduanya berpacaran. Inilah yang mengakibatkan nyawanya melayang ditiang gantungan.

Ternyata hasil penyelidikan holebi Belanda banyak mendapatkan pembenaran dimata masyarakat. Karena pada tahun 2006, giliran Shahab Darvishi yang digantung didepan monumen kemerdekaan Iran. Bukan karena melakukan kejahatan, tetapi karena Shahab yang gay tersebut, diketahui berpacaran dengan gay lainnya.

Setiap orang mempunyai persepsi yang berbeda – beda tentang keberadaan holebi. Ada yang memakhlumi, dan tidak sedikit yang memaki. Ada yang memberikan tempat, dan ada pula yang mengusirnya. Ada yang mau bersahabat, dan tidak sedikit yang menjahuinya.

Diterima atau tidak, keberadaan mereka tetap ada. Baik secara sembunyi – sembunyi, atau yang terang – terangan. Baik dinegara bebas, atau dinegara konservatif-pun. Sebuah sosok yang kehadirannya dianggap ” lain “ diantara bentangan norma – norma, peraturan dan nilai – nilai agama.

lalu, siapa yang salah? padahal mereka tidak meminta tapi kenapa Tuhan memberi mereka sifat yang demikian?

0 comments: