Surabaya - Sejumlah foto bertema "cium tangan" menyemarakkan pameran foto pendidikan bertajuk "My Education" yang digelar Konsulat Jenderal (Konjen) AS di Surabaya, 6-8 Januari.

Foto "cium tangan" dalam pameran foto pendidikan yang dibuka Konsul Jenderal AS di Surabaya Kristen F Bauer di Gedung Merah Putih, Balai Pemuda, Surabaya, Kamis, antara lain milik Rifki Aris Sandi.

Bahkan, foto karya Rifki yang merupakan mahasiswa Universitas Trunojoyo (Unijoyo) Bangkalan, Madura, Jawa Timur, itu menjadi foto yang terbanyak dipilih oleh "facebooker" di jejaring sosial Konjen AS.

"Foto itu saya bidik dengan kamera pinjaman ketika saya melihat keponakan saya selalu mencium tangan ibunya di dapur untuk meminta restu menjelang berangkat sekolah atau mengaji," katanya.

Mahasiswa Jurusan Sastra Inggris Fisib Unijoyo itu mengaku dirinya tidak menyangka bila foto yang berjudul "Cium Tangan Sebelum Berangkat" itu menjadi foto pilihan dari 65 foto yang mengikuti "International Education Week", 15-19 November 2010.

"Sebenarnya, saya ingin mengangkat nilai-nilai budaya Indonesia terkait sekolah. Di Amerika 'kan tidak ada budaya cium tangan seperti itu, apakah untuk pamit berangkat sekolah atau datang sekolah. Saya ingin kenalkan budaya itu," katanya.

Hal itu juga diakui oleh Humas Konjen AS di Surabaya, Emily Yasmin Norris. "Saya nggak tahu, kenapa ada tiga foto yang mirip (tiga foto cium tangan). Itu mungkin budaya Indonesia, tapi kombinasi warnanya cukup menarik," katanya.

Foto yang mirip sebagaimana dimaksud Emily itu antara lain pelajar yang menyalami Konsul Jenderal AS di Surabaya Kristen F Bauer saat mengunjungi sebuah sekolah dan foto seorang pelajar SD yang menyalami ibunya di luar rumah yang terbuat dari bambu.

Sementara itu, Konsul Jenderal AS Kristen F Bauer ketika membuka pameran itu menegaskan bahwa kompetisi foto dan pameran foto bertajuk "My Education" itu digelar untuk mengajak orang menjadikan pendidikan sebagai inspirasi bagi semua orang untuk maju.

"Kami ingin mengajak orang untuk berpikir tentang arti penting pendidikan, termasuk pentingnya belajar hingga ke AS, apalagi tujuan utama AS di Indonesia adalah mendukung pendidikan dan pertukaran di bidang pendidikan," katanya.

Pameran yang terselenggara atas kerja sama Konjen AS di Surabaya, EducationUSA, dan Dewan Kesenian Surabaya (DKS) itu memilih dua foto favorit memenangkan hadiah berupa handycam.

Foto favorit pilihan staf Konjen AS adalah foto hasil karya Azizah Imtikhanah dari Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Mojokerto yang berjudul "Bapak, Aku Menemanimu Bekerja dengan Belajar ya?."

Sementara pemenang pilihan "facebooker" fans Konjen AS adalah foto karya Rifki Aris Sandi dari Universitas Trunojoyo (Unijoyo) Bangkalan yang berjudul "Cium Tangan Sebelum Berangkat."

Foto lain adalah "Belajar Di Sudut Ruang" karya Nadia Sanggra Puspita (ITS), "No Limits" karya Nugroho Bayu Saputro (Unair), "Belajar Sambil Menggembala Sapi" karya Diandra Rachmadinsyah (SMAN I Ngoro, Mojokerto), dan "Ih Ngintip, Belum Waktunya" karya Rifqy Azhar (STIKOSA-AWS Surabaya).


Source: http://www.antarajatim.com/lihat/berita/52576/cium-tangan-marakkan-pameran-foto-konjen-as